Thursday, November 2, 2017

Bentuk Macam Jenis Hipotesis Penelitian

Mengenal Bentuk Macam Jenis Hipotesis Penelitian

Jika dilihat dari tingkat eksplanasinya, maka bentuk rumusan masalah penelitian ada tiga, yaitu rumusal masalah deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Oleh karena itu, maka bentuk hipotesis juga ada tiga, yaitu hipotesis deskriptif, komparatif, dan assosiatif/hubungan.

A. Hipotesis Deskriptif
Hipotesis Deskriptif merupakan jawaban sementara terhadap masalah deskrifptif, yaitu berkenaan dengan variabel mandiri.
Contoh :
Rumusan masalah deskriptifnya : Berapa daya tahan lampu pijar merek X?
Maka hipotesis deskriptifnya : Daya tahan lampu pijar merek X = 600 jam (Ho).

B. Hipotesis Komparatif
Hipotesis Komparatif merupakan jawaban sementara terhadap rumuusan masalah komparatif. Pada rumusan ini, variabelnya sama tetapi populasi atau sampelnya berbeda, atau keadaan itu terjadi pada waktu yang  berbeda.
Contoh :
Rumusan masalahnya : Bagaimana produktivitas kerja karyawan PT X bila dibandingkan dengan PT Y?
Maka hipotesis komparatifnya : Tidak terdapat perbedaan produktivitas kerja antara karyawan PT x dan PT Y; atau terdapat persamaan produktivitas kerja antara karyawan PT X dan PT Y. (ini Ho).

C. Hipotesis Assosiatif
Hipotesis Assosiatif merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah assosiatif, yaitu yang menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih.
Contoh :
Rumusan masalahnya : Adakah hubungan yang signifikan antara tinggi badan pelayan toko dengan barang yang terjual.
Maka hipotesis assosiatifnya : Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tinggi badan pelayan toko dengan barang yang terjual.

Referensi : Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Oleh Prof. Dr. Sugiyono. Penerbit Alfabeta, Bandung. Cetakan ke-22, Desember 2015