Tuesday, May 1, 2018

Dedikasi Yang Tinggi Pegawai Pajak KPP Pratama Salatiga Dalam Memberikan Pelayanan

Sosialisasi pengisian SPT Tahunan Badan dan Orang Pribadi

Halo guys, seperti biasa, admin mau berbagi cerita, bisa panjang, bisa juga pendek. Beberapa hari yang lalu saya mendatangi KPP Pratama Salatiga, kebetulan saja ada kegiatan sosialisasi tentang pengisian SPT Tahunan badan. Penasaran bukan kenapa judul artikelnya seperti itu?

Sebenarnya cerita ini hanyalah cerita yang biasa saja, tapi mungkin admin lagi menangkap sedikit saja hal yang tersirat dari apa yang disampaikan oleh petugas pajak. Waktu itu masih di bulan April 2018, minggu-minggu terakhir lah, mendekati batas akhir pelaporan SPT Tahunan badan. Waktu menujukkan pukul 2 siang, waktu yang kritis dan sangat nyaman sekali kalau buat tidur siang, tetapi saat itu, sampai hampir pukul setengah 3 sore, sosialisasi pengisian SPT Tahunan badan juga belum selesai. Maklum, kami masih belum begitu paham benar dengan SPT ini.

Sosialisasi pengisian SPT Tahunan Badan dan Orang Pribadi


Sampai akhirnya jam menujukkan pukul 3 lebih, dan sepertinya beberapa pegawai pajak sudah selesai melaksanakan sholat ashar. Beberapa dari kami masih sibuk menyelesaiakan pengisian SPT Tahunan badan dengan dipandu oleh pegawai yang bertugas sosialisasi. Pegawainya yang memberikan sosialisasi sangat ramah-ramah, dan hangat dalam memandu mengisi SPT Tahunan.

Waktu itu saya dengar kalau waktu pagi, petugas yang sama juga sudah mengisi sosialisasi pengisian SPT Tahuan badan dengan program espt PPh Badan, kemudian siangnya dilanjut lagi? Oleh petugas yang sama pula? Luar biasa sekali.....

Sosialisasi pengisian SPT Tahunan Badan dan Orang Pribadi

Pegawai Pajak Yang Ramah

Kenapa kami diminta untuk datang sosialisasi pengisian SPT Tahunan Badan? katanya, karena sudah punya NPWP dan menurut Undang-Undang, wajib untuk lapor SPT. Kalau tidak lapor, nanti bisa kena denda 1 juta rupiah. Eman-mena, dan petugas sepertinya "tidak tega" untuk menerbitkan denda itu, makanya kami diminta untuk datang. Bayangkan saja, misala NPWP nya berbentuk yayasan non komersial yang relatif kecil, lalu tidak lapor SPT dan kemudian dikenai denda 1 juta, lha terus mau membayarnya pakai apa coba.
Terima kasih banyak telah membantu memberikan pencerahan bagaimana melaporkan SPT Tahunan Badan agar tidak terlambat. Semoga semua warga yang lain juga menyusul untuk melaporkan SPT dengan tepat waktu. Semoga Indonesia bisa terus maju. Amin.